Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Produktifitas Dalam Ekonomi

Produktivitas menunjukkan kegunannya dalam memmenolong menegvaluasi penampilan, perencanaan, kebijakan pendapatan, upah, dan harga melalui identifikasi faktor-faktor yang mensugesti distribusi pendapatan, membandingkan sektor-sektor ekonomi yang tidak sama untuk memilih prioritas kebijakan menolongan, memilih tingkat pertumbuhan suatu sektor atau ekonomi.
John Suprihanto sebut bahwa dalam produktivitas terkandung tiga hal pokok, yaitu:
  1. Produktivitas diartikan sebagai kemampuan seperangkat sumber-sumber ekonomi untuk menghasilkan sesuatu.
  2. Produktivitas ialah perbandingan antara pengorbanan (output) dengan penghasi lan (input).
  3. Produktivitas ialah suatu perilaku mental yang selalu memiliki pandangan bahwa mutu kehidupan hari ini haruslah lebih baik hari kemarin dan hari esok harus lebih baik dari hari ini.
Produktivitas berdasarkan Dewan Produktivitas Nasional memiliki pengertian sebagai perilaku mental yang selalu berpandangan bahwa mutu kehidupan hari ini harus lebih baik dari kemarin dan hari esok lebih baik dari hari ini. Produktivitas mengandung arti sebagai perbandingan antara hasil yang dicapai dengan keseluruhan sumber daya yang digunakan.
®
Kepustakaan:
Muchdarsyah Sinungan, Produktivitas Apa dan Bagaimana, (Jakarta: Bumi Aksara, 2003). John Suprihanto, Manajemen Personalia, (Yogyakarta: Penerbit BPFE, 1987).