Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ringkasan Peradaban Barat

Peradaban Barat gotong royong lahir dari kekerabatan Barat dengan peradaban Islam melalui perguruan-perguruan Arab di Andalusia dan wilayah Islam lainnya. Pada waktu itu filsafat Yunani termasuk filsafat yang sangat diperhatikan oleh pemikir dan filsuf Islam. Mahasiswa Barat yang cemerlang menukil filsafat Yunani dari bangsa dan lewat buku-bukunya. Mereka tekun mempelajarinya meskipun pada mulanya mereka selalu diburu oleh gereja.
Peradaban barat dari sisi pedoman kemudian terbuka dan mulailah tampak baginya kenyatan kenyataan yang berperihalan dengan ilmu dan pengetahuan yang diserukan gereja. Perperihalan antara gereja dan ilmu berlangsung cukup usang hingga problem itu berakhir dengan kemenangan ilmu sehabis terlebih doloe para ilmuwan dan filsuf mengalami penyiksaan, pemenjaraan, pengkafiran. Kebangkitan Barat modern pun tegak di atas kedua kakinya dan tercetak oleh dua stempel, yakni stempel filsafat Yunani yang cenderung pada material paganis dan stempel permusuhan terhadap agama dan kedengkian terhadap para tokoh serta kepada para pemimpinnya.
Pada sekitar kala 15-16 di Eropa sudah terjadi perubahan zaman, yang dasyat di bidang kebudayaan, sejarah, dan politik, yang disebut sebagai renaissance (kelahiran kembali). pada masa itu kaum seniman, politk, intelektual secara bersama mengadakan gerakan pembaharuan yang mendasarkan pada pedoman bebas dengan menentang arus, mengubah doktrin segera yang dinilai makin membelenggu kebebasan berfikir. Mereka tidak mendapatkan otoritas para pengurus gereja yang menerapkan pembatasan pembatas atas nama tuhan.
Pada kala ke 18 dan 19. Selain itu juga tumbuh tiruana mazhab filsafat dan moral yang menguasai nalar orang-orang Barat hingga kini ini. Asas yang dipijak oleh peradaban Barat yaitu asas material yang jauh dari rohaniah agama dan jauh pengaruhnya dalam jiwa individu dan masyarakat. Agama bertahap kehilangan otoritasnya dari orang-orang Barat hingga mereka menemukan dirinya dalam kawasan yang curam sekali dan amat meresahkan. Hal inilah yang membuat para pemikir dan cendekiawaan Barat kini ingin mencari rohaniah agama yang sudah jauh meninggalkan mereka.
Renaissance lahir sehabis bangsa Barat menyaksikan kehancuran imperium Romawi Timur oleh orang orang Islam, runtuhnya kostantinopel, penaklukan kerajaan Turki atas Romawi Timur atau Byzantium pada tahun 1953, sehingga menyadarkan bangsa Eropa untuk bangun kembali meraih kejayaan.
Peradaban Barat yaitu kelanjutan dari perabadan Mediteranian Kuno para pendiri peradaban Mediteranian yaitu orang-orang Turki juga, Persia bangsa Sumerian, Scythian, Phoenician dan Hyksos. Zaman Turanian dalam sejarah sebelum zaman kuno bagi pra penduduk terlampau Asia Barat.
Kepustakaan:
Samuel, Benturan Antar Peradaban Dan Masa Depan Politik Dunia, Terj. Sadat Ismail, (Qalam; Jakarta, 2001). Todiruan Dydo, Islam Fundamentalis Dan Kegumasukan Masyarakat Barat Percaturan Politik dan Ideologi Internasioanl, (Golden Terayon Press; Jakarta, 1993).