Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Emas

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, emas yakni logam mulia berwarna kuning yang sanggup ditempa dan dibentuk, biasa dibuat aksesori menyerupai cincin, dan kalung. Pengertian yang tidak jauh tidak sama dikemukakan W.J.S. Poerwadarminta, emas yakni logam yang mahal harganya, warnanya kuning dan biasa dibuat aksesori (cincin, gelang dan sebagainya). Dalam Kamus Indonesia Inggris, emas sama dengan gold, dan dalam Kamus Indonesia Arab, disebut zahab.
Emas yang demikian banyaknya diperuntukkan bagi manusia, tapi bersamaan dengan itu ada kelompok insan yang diharamkan memakainya yaitu kaum pria. Padahal laki-laki pun banyak yang menyukai menggunakan emas, alasannya yakni emas mengandung keindahan dan lambang kemewahan.
Dapat dimengerti kalau laki-laki dan perempuan menyukai menggunakan emas, sehingga ada sementara orang menggunakan emas secara berlebihan dan mengundang iri bagi yang melihatnya. Keindahan ini ialah kodrat dan sifat yang sudah menempel pada manusia, dan insan menyukai wanita, anak, harta dari jenis emas dan perak.
®
Kepustakaan:
Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa DEPDIKBUD, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka, 2002). W.J.S. Poerwadarminta, Kamus Umum Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka, 1976). John Echols dan Hassan Shadily, Kamus Indonesia Inggris: An Indonesian-English Dictionary, (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 1998). Asad M. Alkalali, Kamus Indonesia Arab, Jakarta: Bulan Bintang, 1993).