Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Kalimat Utama Dan Kalimat Penjelas Terlengkap

misal Kalimat Utama dan Kalimat Penjelas Terlengkap - Pada artikel sebelumnya sudah dijelaskan terkena kalimat utama dan kalimat penjelas. Kalimat utama yaitu kalimat yangmengandung inspirasi pokok atau inti pembicaraan yang bersifat umum. Sementara itu, kalimat penjelas ialah serangkaian fakta-fakta yang membuktikan atau mendukung dari gagasan utama. Berbeda dengan kalimat utama, kalimat penjelas bersifat detail, terperinci. Letak kalimat utama, membedakan jeis paragraf. Kalimat utama yang terletak diawal paragraf disebut paragraf deduktif (umum ke khusus). Sedangkan kalimat utama yang terletak di final paragraf disebut paragraf induktif (khusus-umum). Berikut kelasindonesia.com akan mempersembahkan teladan kalimat utama dan kalimat penjelas dalam suatu paragraf.

[misal 1]

Tingkat kejahatan di kota besar meningkat. Bagian kriminal kepolisian Cilandak, Jakarta Selatan mencatat terjadi kenaikan laporan tindak kejahatan sebulan terakhir. Tindak yang paling banyak terjadi yaitu masalah pencurian yang sudah mencatat sekitar 237 laporan yang dikategorikan sebagai masalah pencurian. Meningkatnya masalah kejahatan di kota besar terjadi seketika pemerintah menaikkan harga BBM. Kasus pencurian dan pembegalan banyak terjadi di tempat-tempat yang sepi atau disaat jam sibuk. Kepala kepolisian Cilandak sedang menyelidiki, sekelompok genk yang diduga terlibat di balik tindak kejahatan ini. 

Pada paragraf diatas memakai pendekatan deduktif, yaitu pendekatan pengembangan paragraf dimana kalimat utama terletak di awal kalimat. kalimat utama dari paragraf di atas terletak di awal kalimat (BOLD typing), sementara itu kalimat sesudahnya hingga final paragraf ialah kalimat penjelas yang ialah klarifikasi dari gagasan utama.  

[misal 2] 

Dita ialah anak dari keluarga petani yang miskin. Dita mempunyai dua oranng abang dan seorang adik. Meski orang tuanya miskin, Dita tidak mau untuk berhenti sekolah. Dita memmenolong orang tuanya dengan berjualan di sekolah. Hinaan, cacian sering dilontarkan oleh kawan-kawannya yang kaya raya kepada dirinya. 

Namun, hal tersebut justru membuat Dita semakin bersemangat untuk terus sekolah dan memmenolong orang tuanya dengan berjualan. Dita selalu ingat akan pesan orang tuanya. Kesuksesan akan hadir kepada mereka yang bekerja keras. 

misal di atas ialah paragraf dengan pola pengembangan khusus ke umum atau dikenal dengan induktif. kalimat utama terletak pada final paragraf (BOLD typing), sementara itu di awal kalimat dan seterusnya (sebelum kalimat utama) yaitu kalimat penjelas paragraf. 

Advertisement
[misal 3] 

Bulan ramadhan yaitu bulan yang paling istimewa. Seluruh umat islam di seluruh dunia bersuka cita atas hadirnya bulan suci yang penuh ampunan, bulan ramadhan. Pada bulan ini, umat islam menjalankan perintah suci puasa penuh selama bulan ramadhan. Keistimewaan bulan yang istimewa ini yaitu pintu-pintu dosa ditutup, sementara itu allah mengampuni tiruana dosa hamba-hambanya dan melipatgandakan amalan yang dilakukan selama di bulan suci. 

Adapun amalan-amalan yang sanggup dilakukan ketika bulan ramadhan selain puasa wajib yaitu, sholat tarawih, membaca alqur’an, dan lain-lain. Selain itu, hadirnya bulan ramadhan membawa laba bagi pedagang baik muslim maupun non muslim. Wisata kuliner dan fashion meningkat selama bulan ramadhan, mengingat persiapan untuk berbuka dan juga hari raya. melaluiataubersamaini demikian, bulan ramadhan membawa laba bagi seluruh umat manusia. 

[misal 4]

Tindak kejahatan korupsi ialah tindak kejahatan yang sama dengan membunuh umat manusia. Kasus korupsi sudah banyak menjerat pegawapemerintah (pemimpin) negara. Meski sudah dibuat komisi pemberantasan korupsi, praktik korupsi oleh oknum-oknum tidak berkemanusiaan tetap terjadi. Banyak yang mengusulkan perubahan jenis sanksi oleh pelaku tindak korupsi, menyerupai dieksekusi seumur hidup, dipotong tangannya, atau di aturan mati. 

Usulan-usulan ini muncul dari pengamatan sanksi korupsi di negara-negara tetangga yang efektif membuat pelaku dan masyarakat takut untuk tidak melaksanakan kejahatan korupsi. Uang negara yang diambil oleh koruptor yaitu hak rakyat. Masih banyak rakyat negeri ini yang mengalami kesusahan, seharusnya uang tersebut untuk meningkatkan fasilitas, masukana dan pramasukana untuk memmenolong rakyat-rakyat miskin. melaluiataubersamaini korupsi maka, jutaan rakyat miskin semakin menderita, dan tak sedikit dari mereka yang sudah mengalami maut jawaban menahan sakit.